Kandungan Nutrisi Jahe dan 10 Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

Daftar Isi

Berbicara soal jahe, tanaman herbal ini bukan hanya rempah yang berfungsi sebagai bumbu masakan dan penghangat tubuh. Faktanya, mengonsumsi rempah satu ini secara rutin bisa memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Tanaman herbal dengan nama latin Zingiber officinale ini masih satu famili dengan kencur, kunyit, dan lengkuas.

Manfaat Rutin Mengonsumsi Jahe untuk Kesehatan

Zingiber officinale adalah tanaman herbal yang berasal dari Asia Tenggara. Di Indonesia, tanaman ini bisa kamu dapatkan dengan mudah dan memiliki harga yang cukup terjangkau.

Jahe sendiri memiliki beberapa jenis, paling populer adalah jahe biasa dan jahe merah. Perbedaannya bisa kamu ketahui dengan klik artikel Ketahui, Ini 10 Perbedaan Jahe Merah dan Jahe Biasa.

Tanaman ini menjadi salah satu jenis rempah paling menyehatkan sekaligus memiliki kandungan gizi yang terbilang lengkap. Beberapa manfaat jahe bagi kesehatan tubuh, antara lain:

  1. Antipenuaan dan Antikanker
  2. Meredakan Nyeri Menstruasi
  3. Meredakan Morning Sickness
  4. Memperkuat Sistem Imun
  5. Menangkal Infeksi Bakteri dan Virus
  6. Meredakan Sakit Otot
  7. Menurunkan Gula Darah dan Kolesterol
  8. Mengatasi Masalah Pencernaan
  9. Meningkatkan Fungsi Otak
  10. Meringankan Gejala Arthritis

Kandungan Nutrisi Jahe

Khasiat tanaman bercita rasa pedas yang sangat khas ini tidak lepas dari kandungan nutrisinya. Dalam satu sendok makan tanaman herbal ini atau sekitar 10 gram mengandung:

  • Kalori: 4.8 kilokalori
  • Karbohidrat: 1.07 gram
  • Serat: 0.12 gram
  • Protein: 0.11 gram
  • Lemak: 0.05 gram
  • Gula: 0.1 gram

Selain itu, jahe juga mengandung sejumlah vitamin dan mineral penting, seperti zat besi, magnesium, fosfor, zinc, dan vitamin B2, B3, B6, serta C. Namun, nilai gizi tersebut bisa berubah bergantung dari cara mengolah dan penambahan bahan lain selama memasaknya.

Meski memiliki banyak manfaat, ada beberapa orang yang tidak boleh mengonsumsi tanaman herbal ini. Ini termasuk kelompok orang dengan kelainan darah, pengidap penyakit asam lambung dan diabetes.

Selain itu, kamu tidak boleh menjadikan pengobatan herbal sebagai pilihan utama untuk mengatasi masalah kesehatan. Pastikan kamu tetap melakukan pemeriksaan medis untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Sudahkah kamu mencoba mengonsumsi jahe untuk mendapatkan berbagai manfaat kesehatannya? Bagikan pengalaman kamu di kolom komentar di bawah dan jangan lupa untuk terus mengikuti blog kami untuk mendapatkan informasi kesehatan dan tips menarik lainnya!

Posting Komentar