Cara Merebus Lontong yang Efisien, Hanya 12 Menit dan Tahan Lama Hingga 4 Hari

Daftar Isi

Pelajari cara merebus lontong dengan efisien dan cepat, serta tips untuk membuatnya awet hingga 4 hari. Dapatkan langkah-langkah lengkap dan praktis di sini!.

Lontong, sebagai alternatif nasi dalam hidangan seperti sate, gulai, soto, atau opor, memiliki tekstur lebih halus dan mudah dicerna. Dengan porsi yang lebih kecil, lontong menjadi pilihan yang tidak membuat perut kembung.

Keuntungan Membuat Lontong Sendiri

Meskipun sering dijual di pagi hari dengan harga terjangkau, membuat lontong sendiri sebenarnya sangat mudah. Anda dapat mengontrol kualitas bahan yang digunakan dan memastikan lontong yang dihasilkan lebih higienis dan sesuai selera.

Bahan dan Persiapan

Menurut kanal YouTube Happy Nomnom, berikut adalah cara merebus lontong secara hemat gas dalam waktu hanya 12 menit:

  • 300 gram beras berkualitas (pulen atau pera)
  • Kantong plastik kecil
  • Lilin
  • Garpu

Langkah-Langkah Merebus Lontong

1. Bersihkan Beras

Cuci beras dengan air mengalir hingga bersih. Tidak perlu direndam, cukup dicuci sampai kotoran dan pati berlebih hilang.

2. Masukkan Beras dalam Plastik

Isi kantong plastik dengan beras hingga setengah bagian. Rekatkan plastik menggunakan lilin agar beras tidak tumpah. Ratakan dan lubangi plastik dengan garpu untuk memungkinkan air rebusan masuk.

3. Proses Rebus Lontong

Panaskan air hingga mendidih, lalu masukkan lontong. Rebus selama 5 menit dengan penutup panci rapat. Matikan kompor dan biarkan selama 30 menit tanpa membuka tutup. Nyalakan kembali kompor dan rebus selama 7 menit. Matikan lagi dan biarkan tertutup selama 15 menit.

4. Tiriskan Lontong

Setelah matang, buka penutup panci dan tiriskan lontong. Biarkan lontong mendingin dan mengeras sebelum disajikan. Dengan cara ini, lontong bisa awet hingga 4 hari di kulkas.

Cara Menyimpan Lontong Agar Tahan Lama

Setelah membungkus lontong, segera simpan dalam wadah kedap udara atau kantong plastik ziplock. Ini menjaga aroma lontong tetap segar dan tidak tercampur dengan bau makanan lain di lemari pendingin.

Berapa Lama Lontong Bisa Tahan?

Lontong dapat disimpan di lemari es hingga seminggu. Sebelum dikonsumsi, kukus sebentar untuk mengembalikan teksturnya. Disarankan untuk tidak menyimpan lontong di freezer karena bisa membuat teksturnya lembek.

Apakah Lontong Bisa Dipanaskan Lagi?

Lontong yang disimpan di lemari es dapat dipanaskan kembali dengan dikukus selama 15-20 menit. Setelah itu, lontong siap dinikmati dengan tekstur yang kembali lembut.

Berapa Lama Lontong Bertahan di Suhu Ruangan?

Lontong segar dapat bertahan 6-8 jam pada suhu ruangan yang bersih dan kering. Dalam suhu ruangan tinggi, lontong hanya bertahan 2-3 jam sebelum menjadi basi.

Apakah Lontong Mudah Dicerna?

Sebagai makanan yang mengenyangkan namun sederhana, lontong cocok untuk memulai hari dengan penuh energi. Nasi yang dikukus dalam daun pisang memberikan kelembutan dan kemudahan pencernaan, menjadikannya menu sarapan tradisional yang kaya manfaat di Indonesia.

Untuk tips lebih lanjut tentang cara memasak dan menyimpan makanan, kunjungi artikel kami tentang cara membuat lontong atau tips memasak lainnya di blog ini.

Posting Komentar