cfFp0twC8a3yW2yPPC8wDumW5SuwcdlZsJFakior
Bookmark

Tips Bikin Nasi Goreng Lebih Lezat dan Beraroma

Nasi goreng merupaan salah satu menu kesukaan orang Indonesia. Karena gampang dibuat dengan bumbu yang tidak ribet, banyak orang yang menjadikannya makanan di saat mendadak.

Dan dengan cara memasak yang agak berbeda, nasi goreng dapat menjadi menu spesial. Perbedaan memasaknya pun tidak terlalu berbeda, hanya mengubah alur pemasukan bahan.

Berikut beberapa tips membuat nasi goreng buatan rumah lebih nikmat ala pakar kuliner William Wongso

1. Pastikan minyak sudah panas
Minyak yang panas akan memastikan makanan matang dengan merata. Jadi, jangan biarkan bahan apa pun masuk saat minyak belum panas.

2. Masak bahan tambahan setengah matang

Setelah minyak panas, masukkan bahan tambahan seperti daging ayam. Sari-sari dari daging ayam akan keluar dalam tahap ini. Masak sampai daging setengah matang lalu angkat.

3. Tambahkan aroma dengan kepala udang

Jika ingin menambahkan wangi atau aroma yang lebih sedap, goreng kepala udang dalam minyak yang sama dengan ayam. Kepala udang akan membuat makanan beraroma lebih sedap. Setelah itu, angkat kepala udang lalu buang. Tentunya, kepala udang tidak perlu dimasukkan kedalam nasi goreng.

4. Buat telur orek, bukan telur dadar


Kocok telur hingga kuningnya pecah. Jangan aduk telur sampai merata. Hal ini dilakukan agar tetap bisa merasakan telur orek, bukan telur dadar yang diongseng.

5. Ciptakan kesan coklat

Agar warna menarik dan terasa sedikit gosong, biarkan telur beberapa menit di wajan yang panas. Hal ini akan membuat telur kering di bagian luar tapi tetap lembut di bagian dalam. Lakukan hal yang sama terhadap nasi yang sudah dicampurkan ke wajan. Cukup sebarkan dan diamkan agar tercipta kesan sedikit gosong, jangan diaduk merata.

6. Masukkan bumbu setelah nasi, bukan di awal

Memasukkan bumbu di awal memasak akan membuat mumbu tercampur dengan telur dan nasi terkena sedikit bumbu. Jadi, masukkan bumbu setelah nasi dan telur teraduk dan matang. Tentunya, bumbu-bumbu ini sudah dimasak sebelumnya. Bumbu yang dimasukkan pun sesuai selera, seperi bawang putih dan bawang merah yang sudah dihaluskan. William juga menambahkan, jika memiliki sisa masakan lain, seperti rendang, jangan dibuang. Masukkan juga bumbu rendang tersebut ke dalam nasi goreng.

7. Tambahkan daun mengkudu

Daun mengkudu yang sudah dibersihkan dan ditumis akan menambah tekstur serta aroma dari nasi goreng. Daun mengkudi akan menciptakan tekstur dan aroma seperti rumput laut. Sehingga, nasi goreng terasa agak spesial dengan tambahan tekstur dan aroma.

Sumber: https://lifestyle.okezone.com/
close