Fenomena Drama Radio Saur Sepuh di Yogyakarta Tahun 1987

Foto : Ferry Fadly , Ivone Rose, Elly Ermawati, Niki Kosasih di acara jumpa fans
Serial radio Saur Sepuh yang pernah booming di Indonesia pada era tempo dulu tentu sudah tak asing bagi para pecintanya, baik itu para bapak maupun para emak-emak. Diantara mereka bahkan masih berhalusinasi dan berkhayal dengan para tokoh dalam serial tersebut.

Konon, di Yogyakarta ada seorang bapak-bapak sebut saja Bodong (nama samaran) yang sehari-hari pekerjaanya sebagai sopir truk. Pada awal Desember 1987 lalu dikabarkan ia mendadak kejang-kejang. Warga Imogiri Yogyakarta ini kemudian meninggal dunia. Kabarnya dia shock setelah mendengar Dewi Anjani, Dewi Roro Amiyati dan Garnis akan diperkosa oleh kawanan perampok.

Tentu hal ini memang aneh, karena yang dia cemaskan itu adalah para tokoh fiksi dalam serial Saur Sepuh yang dulunya sangat beken. Pria ini rupanya salah seorang penggemar berat drama radio tersebut dan terkena demam Saur Sepuh. Hadeeh..sampai segitunya..

Cerita rakyat pribumi karya Nicky Kosasih ini dimainkan oleh "Sanggar Prativi". Dan mengambil setting zaman Kerajaan Pajajaran.

Demam Serial Saur Sepuh telah menjankiti hampir di semua daerah nusantara ini. Terbukti dengan membanjirnya ribuan surat simpati ke radio-radio swasta niaga yang mengudarakan serial drama itu.

Radio Retjo Buntung yang ada di Yogyakarta misalnya, telah kedatangan sekitar 25.000 surat setiap tahun. Dalam acara jumpa fans dengan para artis Saur Sepuh, yang hadir bahkan puluhan ribu.

Radio Retjo Buntung pernah mengundang Elly Ermawati. Jalan Jagalan, Yogyakarta, sepanjang 500 meter di depan studio radio itu dijejali ribuan fans. Pengunjung berteriak dan mengelu-elukan kedatangan Elly Ermawati yang sedikit terlambat. Dia harusnya tiba pukul 09:00 di panggung seluas 3 x 4 meter yang didirikan di depan studio itu, namun berhubung jalan macet, pemeran Mantili tersebut baru tiba satu jam kemudian.

Adapun kisah tragis meninggalnya Bodong, sopir truk tersebut, bisa menjadi salah satu gambaran nyata betapa besar kecintaan masyarakat pada para tokoh serial Saur Sepuh kala itu.

0 Response to "Fenomena Drama Radio Saur Sepuh di Yogyakarta Tahun 1987"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel