Tips Lebih Aman Boncengan Motor

Asyiknya sepeda rame-rame
Boncengan naik sepeda motor memang pengalaman yang cukup menyenangkan. Tapi di lain pihak, pada saat membonceng rekan/saudara Anda, pada saat yang sama juga Anda telah bersedia bertanggung jawab terhadap nyawa orang yang bersangkutan, setidaknya sampai ia turun dari sepeda motor.

Tergantung dari berat penumpang yang Anda bonceng, sepeda motor yang Anda kendarai pasti mengalami beberapa perbedaan. Mulai dari pusat gravitasi, kecepatan, bahkan hingga sistem pengereman. Oleh sebab itu, dalam prinsip safety riding membonceng penumpang artinya menggandakan konsentrasi saat berkendara.

Di luar pertimbangan tersebut, sebagai orang yang dibonceng pun Anda perlu waspada. Apakah Anda percaya dengan keahlian mengendarai sepeda motor orang yang akan membonceng Anda? Apakah ia punya SIM mengendarai motor? Apakah Anda akan aman dan nyaman saat dibonceng? Dan sebagainya.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips boncengan motor yang perlu Anda perhatikan. Jangan sampai karena gaya berkendara Anda, justru membahayakan keselamatan penumpang lain.
  1. Bukan hanya pengendara sepeda motor, orang yang dibonceng pun wajib mengenakan safety gear secara benar seperti sepatu, celana panjang, jaket, helm, dan sebagainya. Gunakan pakaian yang memberikan perlindungan kepada Anda selama berkendara. 
  2. Jika orang yang Anda bonceng masih pemula alias jarang dibonceng sepeda motor, setidaknya berikan ia sedikit pengetahuan tentang berboncengan, mulai dari cara naik dan turun motor, dimana ia harus menyimpan kakinya, bagaimana ia harus berpegangan, dan sebagainya. 
  3. Sebagai pengendara motor, Anda juga harus bisa menjaga kepercayaan penumpang yang dibonceng. Itu adalah motor Anda, maka buat standar berkendara dengan penumpang lain itu seperti apa. Misalnya, tidak ugal-ugalan membawa motor, memindahkan gigi dengan baik, tidak melakukan rem mendadak, dan sebagainya. 
  4. Tempatkan tangan Anda di pinggul pengendara motor. Ini adalah hal terbaik dan membuat Anda tetap berhubungan dengan gerakan pengendara motor. Jaga berat badan Anda terpusat di atas sepeda motor. Upayakan untuk tidak melakukan gerakan yang kurang perlu karena hal tersebut dapat mempengaruhi keseimbangan sepeda motor. 
  5. Anda juga bisa menjadi penumpang yang aktif dengan tetap waspada ketika dibonceng. Bantulah pengendara motor untuk melihat potensi bahaya dan ingatkan ia untuk selalu memacu kendaraannya dalam kecepatan yang normal. Untuk itu, Anda juga harus bersiap jika pengendara melakukan gerakan tiba-tiba saat menghindari lubang misalnya. 
  6. Tentunya, sebagai pengendara sepeda motor, adalah kewajiban Anda untuk selalu memastikan kondisi motor pada level terbaik. Misalnya cek tekanan angin pada ban, kembangan ban, kekuatan cengkraman rem, suspensi, dan sebagainya.

Mudik berboncengan lima orang
Nah, itu dia beberapa tips sederhana boncengan sepeda motor. Bagi pengendara sepeda motor, ada baiknya untuk terus meningkatkan pengalaman berkendara sebelum memutuskan membonceng orang. Bagi penumpang yang dibonceng, pastikan Anda dibonceng oleh orang yang selalu mengedepankan safety riding.
suasana lebaran 2016

Sumber artikel: mpm-motor.co.id/

Belum ada Komentar untuk "Tips Lebih Aman Boncengan Motor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel